Budidaya Adenium, Hobi Yang Mendatangkan Rupiah

Budidaya adenium – Selain bunga anggrek, adenium merupakan salah satu tanaman hias favorit masyarakat Indonesia. Banyaknya peminat tanaman adenium di Indonesia membuat banyak pecinta tanaman ini membudidayakan sebagai hobi ataupun sebagai lahan bisnis. Beberapa jenis tanaman adenium memiliki harga jual yang sangat tinggi. Oleh sebab itu banyak petani tanaman hias yang berlomba membudidayakan adenium berkualitas. Adenium selain memiliki keindahan warna bunga dan daunnya, bagian bonggol pun memiliki keunikan. Adenium merupakan tanaman yang berasal dari gurun pasir di Afrika dan jazirah Arab.

peluang usaha budidaya adenium

Karakteristik Tanaman Adenium

Adenium merupakan tanaman hias yang dapat beradaptasi dan mudah tumbuh, namun tidak sedikit para pecinta adenium merasa kesulitan dalam membudidayakannya. Biasanya yang sering dikeluhkan oleh para pemilik adenium ialah jarang berbunga, pertumbuhan lambat, dan akar busuk. Untuk menghilangkam masalah-masalah tersebut kita harus mengetahui sifat-sifat yang adenium, diantaranya:

Adenium bukan berarti tidak membutuhkan air. Adenium memiliki tempat menyimpan air di dalam batangnya sehingga dapat beradaptasi di daerah kering dan tandus. Adenium tidak dapat bertahan di daaerah basah atau lembab. tanah yang basah justru menghambat pertumbuhan, terutama menyebabkan busuk akar.

Di tempat asalnya yang panas maka tanaman yang satu ini hidupnya sangat tergantung pada sinar matahai. Supaya dapat tumbuh dengan baik, tempatkan adenium di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh sepanjang hari.

Adenium sebenarnya dapat tumbuh di tanah dengan segala kondisi, tetapi untuk dapat tumbuh dengan optimal adenium memerlukan tanah yang porous atau mudah mengalirkan air.

Cara Budidaya Adenium

Bibit adenium dapat diperoleh dari perbanyak secara generative berupa biji. Biji ini merupakan hasil dari penyerbukan di dasar bunga yang berlanjut menjadi bakal buah. Sekitar dua bulan buah akan masak. Segera petik kemudian ambil biji – bijinya. Maka biji siap untuk dijadikan bibit. Sedangkan secara vegetative berupa stek, cangkok, dan grafting yang akan coba kami bahas secara singkat dibawah ini :

1. Generative

Secara generative, yaitu perbanyakan tanaman melalui perkawinan. Proses ini diawali dengan bertemunya kepala putik yang merupakan organ kelamin betina dengan serbuk sari yang merupakan organ kelamin jantan. Proses itu disebut penyerbukan.

Penyerbukan secara alami adalah penyerbukan yang terjadi berkat bantuan angin atau hewan. Tidak semua bunga bakal menjadi buah jika mengandalkan cara ini sebab kadang tidak ada serangga yang hinggap dan tidak ada angin bertiup. maka kita bisa menggunakan cara penyerbukan biatan, penyerbukan buatan adalah penyerbukan dengan bantuan manusia.

Caranya, dari satu tangkai pilih salah satu bunga yang sehat. Bunga yang diserbuk pilih yang sudah mekar kira-kira 3 hari. Kemudian sobek corong bunga. Dengan kuas kecil, serbuk sari diambil, dan dioleskan ke kepala putik, tetapi benang sari bunga yang diserbuki harus dibuang dahulu. Kira-kira 4 hari, bunga layu dan rontok. Jika penyerbukan berhasil, didasar bunga terlihat bakal buah. Perbanyakan generative juga dapat dilakukan dengan biji.

Tips menyemai benih adenium :

  • Pertama persiapkan media tanam untuk menyemai benih berupa sekam bakar, cocopeat dan pasir malang dengan perbandingan 2-1-1 (takaran pake pot 15). Jadi sekamnya dominan. Untuk tempat, boleh pake apa aja (bebas) asal ada lubang buangan airnya di bagian bawah
  • Sekam bakar, pasir malang dan cocopeat dicampur/diaduk sampe rata.
  • Masukkan campuran media ke dalam wadah/pot. Untuk banyaknya terserah saja, tapi biasanya sampe batas 1 cm dari bibir wadah/pot.
  • Siram campuran media tersebut sampe basah (tidak ada lagi bagian yang kering) dengan larutan fungisida/bakterisida atau gabungan keduanya (bactocyn).
  • Rendam biji / seed didalam larutan hormonik dengan dosis sesuai anjuran, atau bisa juga pake air biasa selama kurang lebih 1 – 1,5 jam.
  • Ambil seed yang sudah direndam, taruh dipermukaan media. Acak2an boleh, baris yang rapih juga ok, yang penting dikasih jarak antar seed.
  • Tutup seed dengan cocopeat murni sampai setebal 0,5-1 cm. Kemudian siram lagi dengan larutan B1, atau pake air biasa juga boleh.
  • Taruh di tempat yang teduh, tapi berangin dan jangan kena hujan dulu (takut nantinya bijinya keluar dari pot / acak2an).
  • Kalau terlihat media bagian atas kering, semprot (spray) dengan air biasa.
  • Tunggu sampai benih tumbuh

2. Vegetative

Budidaya tanaman adenium secara vegetative dapat dilakukan dengan cara stek batang. Teknik stek batang pada adenium yaitu dengan cara memilih batang terlebih dahulu dengan memilih batang yang berdiameter minimal 2 cm, batang sehat, dan cukup umur.

Cabang pilihan tersebut kemudian dipotong dengan arah miring. Apabila menginginkan akar cepat tumbuh, pangkal cabang yang telah dipotong diolesi zat perangsang akar.

Kemudian stek diangin-anginkan selama dua hari supaya pangkalnya kering atau sudah tidak ada getahnya. Selanjutnya, stek ditanam di media tanam yang sudah disiapkan dengan perbandingan 2 : 2 : 1 antara pupuk kandang, pasir halus, dan tanah subur. Media tanam letakkan pada tempat yang teduh dan setiap hari disiram.

Setelah 2 minggu, setek akan bertunas pertanda stek telah berhasil, sebaliknya jika tidak muncul tunas pertanda stek mati.

3, Grafting

Grafting adalah penggabungan batang bawah dan batang atas dari tanaman yang berbeda tetapi masih dalam satu family. Teknik grafting pada adenium, yaitu menyiapkan batang atas dan batang bawah. Untuk batang atas pilih tanaman sehat dan berdaun subur. Sementara untuk batang bawah pilih bonggol yang sehat dan tidak busuk. Diameter batang bawah sebaiknya sedikit lebih besar dari batang atas.

Batang bawah dipotong dengan bentuk V, sedangkan batang atas dipotong dengan bentuk V terbalik. Masukkan batang atas ke dalam celah batang bawah supaya keduanya menyatu. Sambungan tersebut kemudian diikat dengan potongan plastik bening.

Usahakan sambungan menutup secara sempurna agar sambungan tidak terkena air dan letakan di tempat yang teduh. Untuk mengurangi penguapan dan mempercepat pertumbuhan tunas, sisakan 2-4 helai daun. Sekitar dua minggu, hasil penyambungan akan terlihat dengan munculnya tunas daun pada cabang batang atas.

Cara Menanam Adenium

Adenium dapat ditanam langsung di tanah maupun di pot. Penanaman adenium langsung di tanah yang harus dilakukan adalah membuat lubang tanam dengan ukuran sekitar 30 x 30 x 30 cm. biarkan lubang terbuka selama 2 minggu supaya bibit hama dan penyakit mati. Kemudian lubang tanam diuruug dengan top soil yang telah dicampur pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Selanjutnya penanaman bibit.

Sedangkan cara menanam adenium di pot yaitu. Media tanam untuk tanaman adenium di dalam pot harus subur dan porous atau tidak mengikat air terlalu lama. Bahan media tanam tersebut diantaranya pasir bangunan, pupuk kandang, dan sekap padi, dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Kemudian media tanam dimasukan ke dalam pot setelah dasar pot yang berlubang ditutup pecahan genting atau kerikil agar media tanah tidak keluar saat disiram air.

Cara Membesarkan Bonggol Adenium

cara membentuk bonggol adenium

Pembudidaya adenium akan lebih puas apabila adenium yang dimilikinya terlihat indah dengan bonggol yang besar dan sehat. Hal itu tentunya akan menambah harga jual adenium anda. Berkut beberapa tips membesarkan bonggol adenium yang bisa anda coba :

  • Media harus bernutrisi, karena bonggol adalah penyimpan cadangan makanan, secara loguka kalau tidak ada makanannya / nutrisinya apa yg mau disimpan di dalam bonggol?
  • Pemendaman bonggol, bonggol yg berada di atas media akan mengeras pada bagian luar / kulit sehingga kurang fleksibel untuk pembesaran bonggol, maka untuk pembesaran bonggol lebih efektif bila bonggol dipendam / tertutup media.
  • Repotting, secara berkala setidaknya 2 – 3 bulan maksimal 6 bulan adenium diganti sekaligus untuk penataan akar dan bonggol. ga mau kan kalau bonggol besar tapi berantakan?
  • Sesuaikan ukuran pot, sebaiknya ukuran pot tidak mepet / sempit untuk keleluasaan perkembangan bonggol. pastikan media tidak padat dengan cara menggebrak sisi2 pot dengan tangan.

Apakah anda tertarik untuk mencoba bisnis budidaya adenium?? Selain bisa sebagai hobi yang mendatangkan penghasilan, anda juga dapat mempercantik halaman rumah anda dengan aneka warna adenium yang anda miliki. Selamat mencoba . . .

Pencarian terkait:

Adenium 2017