Bisnis Sampingan Ternak Burung Pleci Yang Menjanjikan

Ternak Burung Pleci – Burung pleci adalah salah satu burung hias yang kian populer di kalangan masyarakat. Bayangkan saja, bukan hanya karena burung ini imut dan lucu, burung pleci juga memiliki suara yang bagus dan membuat para pencinta burung kicau lebih memilih burung pleci sebagai burung peliharaanya. Selain untuk burung peliharaaan, burung pleci juga kian populer saja sebagai burung yang gampang diternakkan. Karena banyak peminat burung pleci yang semakin hari semakin meningkat dan harga jualnya pun semakin melunjak. Dan kali ini kami akan membahas tentang cara budidaya ternak pleci untuk kalian bagi para pemula.

Bisnis Sampingan Ternak Burung Pleci Yang Menjanjikan

Bisnis Sampingan Ternak Burung Pleci Yang Menjanjikan

Cara Budidaya Ternak Burung Pleci

Dalam usaha peternakan burung berhasil atau tidaknya tergantung keinginan para peternak tersebut, banyak peternak sukses yang mengatakan bahwa budidaya burung pleci itu sangat mudah. Namun ada juga sebagian dari kalian sebagai penggemar burung pleci merasa kesulitan dalam beternak burung pleci. Kami akan memberikan langkah-langkah dalam beternak burung pleci, diantaranya sebagai berikut :

  • Kandang Burung Pleci
    Kandang yang digunakan berukuran hampir sama seperti kenari yaitu biasanya memiliki panjang 45cm x lebar 35cm x tinggi 40cm. Tempatkan kandang jauh dari binatang yang memiliki suara bising seperti lovebird dan binatang pemangsa seperti kucing biarkan pasangan pleci memiliki tempat yang eksklusif untuk kawin. Jika perlu saat musim kemarau dan suhu menjadi terlalu panas sediakan kipas angin kecil dan tempatkan dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan kandang atau jika suhu terlalu lembab berikan mereka sinar UV. Gunakan kandang soliter untuk pasangan pleci yang sudah berjodoh ini akan membuat mereka dengan pleci lainya walaupun sebenarnya pleci pun bisa dipasangkan menggunakan kandang koloni dimana pleci dapat mencari jodoh sendiri. Desain kandang semirip mungkin dengan alam liar misalnya menaruh ranting dan dedaunan agar pleci merasa seperti di habitat aslinya. Selanjutnya yang diperlukan ada dikandang adalah sangkar tempat pleci menempatkan telur dan mengeram telurnya, wadahnya dapat anda beli ditoko burung atau dapat dibuat sendiri dari kawat. Isi sarang yang biasa digunakan adalah serabut kelapa, serat nanas, kapas dan masih banyak lagi.

  • Memilih Indukan Burung Pleci
    Persiapan calon indukan adalah dengan syarat utama calon indukan sebaiknya sudah cukup umur diatas usia 1 tahun. Indukan betina minimal jinak lalat (tidak takut dengan aktifitas manusia). Dan indukan jantan harus rajin ngalas, fungsinya untuk menarik perhatian betina dan merangsang untuk penjodohan.

  • Tahap Penjodohan
  1. Proses ini dimulai dengan mendekatkan sangkar jantan dan betina -+1-2 minggu. Selama perjodohan makanan harus berprotein tinggi contohnya kroto dan jangkrik.
  2. Setelah 1-2 minggu coba saling dijauhkan tanpa saling melihat,dari sini kalian bisa mengukur sejauh mana proses perjodohanya.
  3. Apabila kedua indukan saling memanggil (betina ngecall2)dan diiringi jantan yg gelisah dan ngalas ngeplong berarti perjodohan hampir berhasil.
  4. Setelah seharian dipisah coba malamnya dicampur sambil kita amati tingkah laku keduanya.
  5. Biasanya pejantan akan aktif merayu betina kawin dengan cara mebawa usuhan dan terkadang langsung terjadi perkawinan bahkan sebaliknya pejantan terlalu agresif (mengejar atau memaksa untuk kawin). Kalo tingkah pejantan agresif sebaiknya dipisah beberapa hari dan coba disatukan lagi.

  • Pakan Burung Pleci
    Selama proses penjodohan, kalian harus memperhatikan makanan yang akan kalian berikan kepada burung pleci tersebut. Karena, makanan adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kualitas keturunan atau anak burung nantinya. Contoh makanan yang wajib untuk burung pleci adalah kroto, jangkrik, cacing tanah, dan voer dengan kualitas yang baik. Jangan lupa juga untuk memberikan berbagai jenis buah-buahan sebagai sumber vitamin. Misalnya, buah pisang, buah pir, buah pepaya atau buah apel dan berikan maksimal 2 kali dalam seminggu. Jangan lupa juga memberikan vitamin alami, pilih vitamin yang berkualitas bagus untuk dijadikan sebagai suplemen dan multi vitamin tambahan.

  • Merawat Burung Pleci Saat Betelur dan Merawat Anak Burung Pleci
    Setelah terjadi perkawinan, burung betina akan bertelur kurang lebih dalam waktu 2 minggu kedepan. Setelah burung bertelur, perhatikan sifat burung dan jangan sering mengganggu burung agar tidak enggan untuk mengerami telurnya. Apabila induk burung tidak mengerami telurnya, maka hal tersebut bisa mengindikasikan adanya masalah. Selamatkan telur dan gunakan metode inkubator saja. Jika berjalan lancar, burung betina akan mengalami telur tersebut hingga menetas. Perawatan anak burung bisa diserahkan langsung pada induk burung. Setelah 10-14 hari kalian bisa memanennya. Saat meloloh anak burung, kalian bisa menggunakan voer yang sudah dicampur dengan air hangat agar lebih lembut dan bisa dicerna. Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan serangga seperti jangkrik atau yang lainnya kemudian dicincang dan dipotong-potong terlebih dahulu agar lebih mudah dimakan oleh anak burung. Meloloh anak burung menggunakan serangga akan lebih mudah dan lebih aman karena tidak menyebabkan anak burung belepotan yang kerap mengundang berbagai jamur dan bakteri.

Itulah rangkuman tentang “Bisnis Sampingan Ternak Burung Pleci Yang Menjanjikan”. Dalam usaha ini butuh kesabaran dan ketelitian, semoga rangkuman ini bermanfaat dan berguna.