Bisnis Beternak Burung Lovebird Sistem Koloni

Penjelasan Bisnis Beternak Burung Lovebird Sistem Koloni – Burung Lovebird atau biasa di sebut burung cinta. Siapa yang tidak tau jenis burung hias ini, akhir-akhir ini di kalangan pencinta burung kicau mulai banyak penggemarnya. Selain sebagai peliharaan, burung Lovebird juga di pakai sebagai burung aduan dalam arena lomba memamerkan suara kicauannya. Sebenarnya burung Lovebird bukan asli dari Indonesia, habitat aslinya adalah di Afrika. Walapun burung ini termasuk burung impor, tapi di Indonesia sudah banyak yang berhasil menernakannya.

Bisnis Berternak Burung Lovebird Sistem Koloni

Bisnis Berternak Burung Lovebird Sistem Koloni

Dalam Pengembangbiakan Lovebird memang banyak nilai ekonominya. Untuk beternak Lovebird jelas membutuhkan kesabaran dan ketelitian ekstra. Sudah banyak peternak Lovebird yang berhasil, tetapi banyak pula yang gagal. Tetapi pengalaman adalah guru yang terbaik, jadi sekali gagal jangan sampai kalian berhenti dan putus asa. Peternak Lovebird saat ini sudah banyak, tetapi penggemar Lovebird juga semakin banyak. Dari segi bisnis dan peluang usaha, ternak Lovebird bisa sangat menguntungkan.

Jenis-jenis Lovebird

  1. Lovebird Madagaskar (Lovebird Kepala Abu-abu)
    Burung lovebird madagaskar merupakan jenis burung lovebird yang langka dan bukan merupakan jenis yang benyak ditangkarkan. Lovebird jantan dan betina dapat dengan mudah dibedakan dari warna bulunya. Pada lovebird jantan bulu di kepala dan dada berwarna abu-abu pucat, sedangkan pada lovebird betina hampir seluruhnya berwarna hijau muda. Selain itu burung ini memiliki sensitivitas yang tinggi sehingga mudah stress sehingga kemungkinan bisa ditangkarkan sangat kecil, kalaupun bisa ditangkarkan dan disuapi dengan sistem handfeeding tidak akan mengurangi sifat yang telah tertanam pada individunya.
  2. Lovebird Muka Merah
    Lovebird muka merah juga sangat sulit ditangkarkan, tingkat kesulitannya ada pada cara penyediaan kandang harus sesuai dengan habitat asli mereka saat hidup dan berkembang biak di alam bebas, selain itu spesies ini sangatlah pemalu. Di alam bebas Lovebird muka merah membuat sarangnya di sarang rayap biasanya di pohon atau kadang-kadang di tanah. Untuk membuat sarang sang betina akan menggali terowongan sampai panjang 30cm dan di sarang rayap hidup dalam koloni dengan lovebird lainnya. Didalam penangkaran, sangkar harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas sebagai alat atau media regenerasi yaitu dengan disiapkan gundukan tanah kemudian lovebird akan menggali untuk membuat sarangnya dan ruang sarang perlu di panaskan sampai sekitar 27 C, namun mereka dapat media tanah bisa diganti dengan gabus.
  3. Lovebird Sayap Hitam
    Spesies ini biasanya tinggal di dataran tinggi atau daerah pegunungan. Lovebird ini merupakn jenis lovebird yang suka menempati daerah dingin, lembab, berkabut dan basah. Mereka hidup dengan memakan pakan yang disediakan di alam yaitu berupa biji bunga matahari, jagung, apel dan biji buah ara.
  4. Lovebird Kerah Hitam
    Lovebird jenis ini sering menyembunyikan diri diatas pohon–pohon hutan, lovebird jenis ini merupakan lovebird yang sangat pemalu. Lovebird kerah hitam jarang sekali ditangkarkan dikarenakan meraka memerlukan benih ara jenis tertentu atau daging ara sebagai dasar pakan utama sehari-hari mereka, sulitnya jenis pakan ini menjadi alasan utama sulitnya menangkarkan jenis lovebird ini. Tanpa terpenuhinya kebutuhan makanan penting ini mereka biasanya sangat sulit berkembangbiak di penangkaran.
  5. Lovebird Muka Salem
    Lovebird muka salem (Agapornis Roseicollis), juga dikenal sebagai Peach Lovebird. Spesies lovebird asli daerah kering di barat daya Afrika. Lovebird muka salem adalah hewan yang sangat sosial dan sering berkumpul dalam kelompok kecil di alam liar. Lovebird muka salem makan sepanjang hari dan mandi sesering mungkin. Warnanya sangat bervariasi di antara populasi. Warna bulunya identik untuk jantan dan betina. Lovebird yang terkenal karena posisi tidur mereka di mana mereka duduk dengan sisi-sisi dan mengubah wajah mereka satu sama lain. Burung lovebird muka salem bulunya berwarna hijau, lebih kuning di tubuh bagian bawah, bulu dahi dan di belakang mata berwarna merah, lorus, pipi, kerongkongan dan bagian atas dada berwarna merah muda.
  6. Lovebird Kacamata Fischer
    Lovebird kacamata Fischer tergolong mudah ditangkarkan, spesies ini adalah makhluk sosial dan sangat populer sebagai hewan peliharaan. Burung lovebird kacamata Fischer memiliki kemampuan terbang yang cepat dan suara sayap mereka saat terbang dapat di dengar, mereka ini sangat ramai ketika mereka berkicau bernada tinggi dan sangat berisik. Lovebird kacamata Fischer makan berbagai macam makanan termasuk biji-bijian dan buah-buahan.
  7. Lovebird Kacamata Topeng
    Lovebird ini hidup di padang rumput dan pohon yang banyak menyediakan celah-celah lubang pohon sebagai sarang dan tempat berkembangbiak. Lovebird kacamata topeng membuat sarang dengan bahan sarang yang di bawa dengan paruhnya ke rongga pohon untuk sarang. Telur berwarna putih dengan jumlah 4-5 butir. Betina mengerami telur sekitar 23 hari dan anak lovebird meninggalkan sarang sekitar 42 hari setelah menetas.
  8. Lovebird Kacamata Nyasa
    Burung lovebird ini hidup dalam kelempok besar pada musim dingin, yaitu pada saat mereka berkembangbiak. Pada tahun 2004 jumlahnya di alam diperkirakan kurang dari 20.000 ekor, namun untuk saat ini semakin berkurang karena rusaknya habitat di alam karena alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian.
  9. Lovebird Kacamata Pipi Hitam
    Lovebird kacamata pipi hitam secara umum sulit di dapat di pasaran, karena burung ini sudah dibatasi untuk tujuan ekspor dari negara asalnya. Burung ini bisa dipelihara secara berkelompok bahkan dicampur dengan burung lain.

Tahap dan Konsep Beternak Lovebird Sistem Koloni

Beternak lovebird koloni idealnya satu pejantan dengan tiga betina, tujuan dalam beternak lovebird dengan sistem tersebut tentunya menghemat pejantan yang bakal dipakai untuk mengawini induk betina. Secara teoritis, induk jantan mampu mengawini hingga 4-5 ekor induk betina menggunakan persentase fertilitas yang tetap sama. Berdasarkan pengalaman penangkar burung lovebird, dalam perkawinan poligami lovebird menggunakan rasio 1:3. Disimpulkan seekor pejantan mengawani tiga induk betina. Namun model ini sini tak seperti peternakan ayam, dimana seekor jantan dicampur dengan betina dalam satu kandang. Jika model tersebut dilakukan pada lovebird, maka burung jantan hanya mau mengawini seekor betina saja dan akan timbul sifat asli burung lovebird yang setia sama pasangannya.
Ada tahapan dalam beternak lovebird sistem koloni, diantaranya sebagai berikut :

  • Pemilihan Induk
  1. Induk jantan minimal dengan umur 8 bulan.
  2. Induk betina minimal berumur 1 tahun yang sudah mengalami masa birahi.
  3. Seekor jantan akan mengawini 3 sekaligus induk betina, maka kualitas akan bagus ternaknya guna lovebird suara.
  4. Induk betinanya diusahakan memiliki kualitas suara bagus, jika orientasi ternak fokus dalam jangka panjang.
  5. Orientasi dalam mencetak lovebird warna eksotik lebih baik bila induk betina mempunyai warna yang berbeda-beda, kalian akan menghasilkan anakan lovebird yang bervariasi.
  • Menyiapkan Kandang Lovebird
  1. Persiapkanlah tiga unit kandang ternak sesuai dengan jumlah induk betina. Siapkan pula 1 kandang ternak untuk indukan jantan.
  2. Induk betina bisa kalian susun secara berjajar dan kandang induk jantan diletakkan agak jauh dari kandang betina, berilah nomor masing-masing kandang betina.
  3. Setiap kandang indukan lengkapi dengan wadah pakan, air minum, jangan lupa kotak sarang dari bahan triplek.
  4. Letakkan kotak sarang tersebut di salah satu sudut. Masukkan bahan ke sarang, namun seperlunya.
  5. Tebarkan juga bahan sarang ke dasar kandang induk betina. Bahan ini dapat kamu beri ijuk halus, daun cemara yang kering atau yang lain. Bahan-bahan tersebutlah yang akan ditempati induk saat bertelur, guna untuk dimasukkan ke kotak sarang.
  6. Makanan utama yang diberi merupakan campuran millet putih, gabah dan canary seed.
  7. Tambahan untuk makanan, extra fooding (EF) jagung muda, daun sawi putih, biji bunga matahari dan tulang sotong.
  • Perkawinan Lovebird
    Untuk perkawinan lovebird koloni ada dua cara yang umum digunakan oleh para penangkar. Cara yang pertama adalah dengan menaruh banyak burung lovebird dalam satu sangkar besar, karena pasti ada lovebird yang berjodoh secara alami. Atau bisa juga dengan menaruh lovebird jantan dan betina dalam satu sangar namun disekat. Bisa juga dengan menaruh dua sangkar secara berdekatan, satu sangkar diisi lovebird jantan dan satu sangkar lagi diisi lovebird betina. Burung yang sudah berjodoh akan menunjukkan perilaku romantis. Misalnya saling berdekatan, beradu paruh, dan saling menarik perhatian. Jika hal itu terjadi, maka proses perjodohan bisa dikatakan berjalan normal.
  • Penetasan Telur Lovebird
    Pada masa pengeraman telur sampai menetas memerlukan waktu 21-23 hari. Ada hal yang menarik saat penetasan, yaitu lovebird cuma membutuhkan waktu 24 jam untuk penetasan telur, dibandingkan burung yang lain. Jadi kalian tidak perlu cemas, sebab anakan lovebird butuh penyesuaian diri di lingkungan yang barunya. Disarankan ketika dalam masa penetasan kalian tak perlu intervensi, karena bisa mengakibatkan anak lovebird akan tumbuh secara tak normal. Bahkan saat masa pertama, semua telur tidak seluruhnya bisa menetas. Hal ini sangat wajar dan alami, kalian tak perlu risau, masa-masa produktif pada ternak lovebird akan terjadi bila masa telur yang kedua dan seterusnya.
  • Makanan Anak Lovebird
    Agar produksi lovebird meningkat, ada baiknya anakan dipisahkan dari indukan pada umur 10-14 hari. Hal ini dapat menguntungkan, karena anak lovebird bisa jinak dan yang akan meningkatkan kualitas nilai jual burung tersebut. Caranya, kalian bisa meletakkan anakan lovebird pada sebuah kotak yang beralaskan kain dan diterangi dengan lampu 5 watt untuk menjaga kehangatan pada tubuh burung. Sedangkan untuk makanannya, kamu bisa memberi bubur bayi instan yang tersedia di pasaran. Cara memberikannya dengan mencampurkan air hangat. Anak lovebird masih bayi memakai campuran makanan yang tak begitu kental, dengan bertambahnya umur, sebaiknya tingkat kekentalan ditingkatkan. Kalian dapat memakai jarum suntik untuk menyuapi. Lakukan pemberian makan 4 jam sekali secara teratur.

Keuntungan Dalam Beternak Lovebird Sistem Koloni

  • Dapat Menekan Biaya Pengadaan Kandang
    Pada umumnya para peternak loverbird menggunakan kandang lovebird yang di jual di pasaran dengan material besi. Harga satu unit kandang lovebird ada di kisaran 150ribu. Apabila peternak lovebird mempunyai 10 pasang indukan, maka biaya pengadaan kandang yang dibutuhkan adalah 1,5juta. Sementara untuk pembuatan kandang koloni yang dapat menampung 10 pasang indukan lovebird, di butuhkan dana lebih kecil jika di bandingkan dengan dana pengadaan kandang besi untuk beternak lovebird.
  • Perawatan Lebih Mudah, Ringan dan Menyingkat Waktu
    Apabila indukan burung lovebird di pelihara dalam satu kandang koloni, maka dapat di katakan peternak lovebird hanya merawat satu kandang lovebird. Berbeda dengan peternakan lovebird dengan sistem satu kandang satu indukan. Apabila peternak mempunyai 10 pasang indukan, maka perawatan harian yang di lakukan adalah merawat 10 kandang love bird. Dari mengganti minuman satu persatu, memberi makanan satu persatu tidak demikian dengan sistem koloni, perawatan harian yang di lakukan pun cukup dengan satu kali mengganti air minum, satu kali menambah persediaan makanan untuk di tempatkan di tempat makanan dalam kandang koloni tersebut. Tentu hal ini akan menyingkat waktu dalam merawat peternakan lovebirdnya.
  • Burung Dapat Memilih Pasangannya Sesuai Selera
    Dengan menggunakan sistem koloni, pejantan dan betina lovebird dapat dengan leluasa memilih pasangannya. Setiap burung akan memilih pasangannya sesuai dengan selera masing-masing. Peternak tidak perlu di repotkan dengan menjodohkan pejantan dan betina lovebird yang dipeliharanya. Karena pejantan dan betina lovebird di jadikan dalam satu kandang, ketika masa kawin sudah tiba, burung lovebird akan segera memilih pasangannya untuk bereproduksi.
  • Burung Cenderung Tidak Mudah Stress
    Pada habitat aslinya di alam liar, burung lovebird adalah jenis burung yang hidup secara berkoloni atau bergerombol. Dengan menerapak pemeliharaan sistem koloni pada burung lovebird akan dapat menekan stres karena pemeliharaan sistem koloni pada burung lovebird mendekatkan burung terseut pada kehidupan seperti pada habitat aslinya yaitu berkoloni.
  • Ideal Untuk Diterapkan Di Lahan Sempit
    Banyak orang yang berminat untuk beternak burung lovebird akan tetapi terkendala dengan sempitnya lahan atau tidak ada tempat untuk menempatkan kandang ternak lovebird. Beternak burung lovebird secara koloni dapat dijadikan satu solusi, karena tidak membutuhkan tempat yang luas, sebagai perbandingan, dengan memelihara 10 pasang burung lovebird dengan sistem satu kandang satu pasang, maka akan lebih membutuhkan lahan yang luas di bandingkan dengan pemeliharaan dengan sistem koloni. Dengan pemeliharaan lovebird sistem koloni, untuk beternak lovebird 10 pasang dapat menggunakan lahan 2 x 2 meter dengan tinggi 2,5 meter.

Kuncinya dalam  berbisnis dan ingin sukses yaitu kalian harus bersungguh-sungguh dan menekuni usaha ini, dan jadikanlah pekerjaanmu ini sebagai hobi yang menghasilkan, dengan begitu kalian akan senang dalam menjalaninya. Semoga referensi tentang Bisnis Berternak Burung Lovebird Sistem Koloni ini bermanfaat untuk kalian. Semoga Sukses.

Pencarian terkait:

prospek ternak lovebird 2017 , tempat pakan lovebird di kandang koloni , cara membuat kandang ternak lovebird koloni , cara membuat kandang umbaran lovebird , prediksi harga lovebird 2018 , cara membuat kandang lovebird koloni , keuntungan ternak Lovebird koloni , tempat pakan lovebird koloni , cara membuat tempat pakan ayam dari paralon , Cara membuat pintu umbaran , prediksi harga labet 2018 , prediksi lovebird 2018 , membersihkan kandang koloni lovebird , perkiraan harga lovebird 2018 , logo peternak lovebird , tumbuhan koloni labet , prediksi love , cara membersihkan kandang ko , rak kandang lovebird , bisnis ternak lovebird 2017 , wadah pakan kolo , kandang ayam Bangkok bersusun , kandang kolonial adalah kandang yang terdiri dari , kandang lovebird koloni yang baik , liquid breeding lb , liquid breeding lovebird , logo peternak burung , membuat tempat pakan lovebird dari kayu , kandang lovebird diatas kolam , membuat kandang ternak lovebird , love bird yg prospek di th 2018 , lovebird 2018 , lovebird prospek ternak 2017 , Cara membuat tempat makan lovebird koloni , cara bersihkan kandang ternak lovebird koloni , cara bikin tempat pakan love brid dari kayu , cara membersihkan kandang koloni , cara membersihkan kandang koloni lovebird , cara membersihkan sangkar koloni love bird , cara membuat tempat makan lovebird dari kayu , cara membuat tempat pakan dr kayu lovebird , cara membuat tempat pakan lovebird koloni , cara ternak lovebird , cara ternak lovebird diluar negeri , cara trnak labet , contoh kandang ayam di atas kolam lele , contoh stiker burung love bird , contoh tempat pakan ln di kandang koloni , gambar kandang koloni labet kecil kecilan , harga lb 2018