Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Produk Yang Tepat

Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Produk Yang Tepat – Tidak sedikit pelaku bisnis yang masih bingung dalam menentukan harga jual produknya yang paling pas dan tepat, harga jual sangat berkaitan dengan tingkat penjualan dan tingkat keuntungan, inilah yang menjadi dilemma para pelaku bisnis. Jika nanti menetapkan harga terlalu mahal, takutnya pelanggan akan iba dalam membeli produk. Sedangkan jika produk terlalu murah, di takutkan akan menghasilkan laba dengan tingkat yang rendah. Maka dari itu, kiranya penting untuk melakukan suatu perhitungan ketika akan menetapkan harga jual produk.

Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Produk Yang Tepat

Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Produk Yang Tepat

Harga jual produk juga menjadi suatu hal yang sangat sensitif untuk keberlanjutan usaha dan bisnis anda, ada banyak hal yang akan terpengaruh dengan harga jual produk yang anda tentukan. Jadi jika anda asal dalam menentukan harga, maka akan meningkatkan resiko kerugian yang dapat anda alami. Setidaknya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menentukan harga jual suatu produk, baik produk barang maupun jasa. Hal-hal yang harus anda perhatikan di antaranya adalah faktor pelanggan, pesaing, biaya, dan juga kemanfaatan untuk usaha anda sendiri.

Faktor Penting Dalam Menentukan Harga Jual
1. Pelanggan, tidak bisa di pungkiri bahwa pelanggan merupakan prioritas anda, jadi pastikan bahwa harga jual yang anda tetapkan akan dapat di terima oleh pelanggan. Artinya harga menentukan kualitas, yang berarti bahwa harga menentukan kualitas yang anda tawarkan kepada target pelanggan anda. Jika anda tidak mempertimbangkan faktor ini, bisa jadi produk yang di tawarkan tidak akan laku.

2. Pesaing, perlu juga untuk melihat harga jual yang di tawarkan oleh pesaing yang memiliki produk yang sama, pastikan bahwa harga jual produk anda dapat bersaing dengan harga jual produk pesaing. Artinya anda harus memperhatikan tingkat keuntungan, jika tingkat keuntungan yang telah di tetapkan menyebabkan harga terlalu mahal, ada baiknya anda menurunkan tingkat keuntungan.

3. Biaya, faktor ini merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual produk, jangan sampai harga jual yang di tetapkan tidak dapat menutup biaya-biaya yang telah terjadi. Ini artinya anda harus benar-benar jeli dan teliti dalam menghitung biaya yang terjadi, pastikan bahwa tidak ada biaya yang tidak anda masukkan dalam perhitungan. Jika saja ada biaya yang tidak anda hitung, akan menyebabkan harga yang tidak tepat, sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat keuntungan, atau lebih parahnya akan menyebabkan kerugian.

4. Kemanfaatan untuk usaha, ini artinya apakah harga jual sudah pantas atau belum, di nilai pantas jika harga dapat memberikan keuntungan yang di harapkan. Seandainya saja keuntungan yang anda harapkan dapat tercapai, tentu saja hal ini akan mempermudah dalam ekspansi perkembangan usaha dan bisnis yang anda miliki.

Setelah anda menemukan harga jual produk yang tepat atas dasar biaya-biaya produksi + keuntungan yang di harapkan, pertimbangkan juga apakah pelanggan akan terbebani dengan harga jual tersebut, dan bagaimana dengan harga jual yang di tawarkan oleh pesaing. Jika harga jual produk anda terlalu tinggi, mungkin anda bisa menurunkan tingkat keuntungan yang anda harapkan.

Dan yang perlu anda perhatikan juga bahwa jumlah produk yang rencananya ingin anda buat tersebut (500 porsi bakso), mungkin tidak semuanya akan laku terjual. Oleh karena itu anda juga harus memiliki target berapa minimal produk yang harus terjual. Jika melihat perhitungan di atas, setidaknya anda harus menjual 385 porsi bakso untuk terhindar dari kerugian (2.418.400 : 6.288 = 385). Jika anda bisa menjual lebih dari 385 porsi bakso, maka anda sudah memperoleh keuntungan sejumlah tertentu dari usaha warung bakso anda.

Oke, mungkin hanya itu saja yang dapat saya ulas berkaitan dengan cara menentukan harga jual produk yang tepat. Semoga ulasan saya tentang cara menentukan harga jual produk di atas dapat bermanfaat dan juga semoga membantu anda dalam menetapkan harga jual atas produk yang anda miliki.