Analisa dan keuntungan bisnis kuliner berjualan bakso

Analisa dan keuntungan bisnis kuliner berjualan bakso – Siapa yang tidak menyukai bakso? Jenis makanan yang berkuah ini memang tidak ada matinya, tidak bisa dipungkiri jika makanan ini tidak kenal usia banyak kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa yang menyukai bakso yang mempunyai cita rasa khas indonesia. Bahkan banyak penggila bakso yang rutin setiap hari untuk mengonsumsi makanan yang kaya rasa rempah asli Indonesia ini.

Analisa dan keuntungan bisnis kuliner berjualan bakso

Analisa dan keuntungan bisnis kuliner berjualan bakso

Bagi anda yang memulai usaha kuliner berjualan bakso mungkin cocok untuk di jalankan, karena selain modal tidak terlalu besar dan tidak membutuhkan skill khusus. Tidak heran Anda akan sering menjumpai para pedangang bakso di setiap perkotaan hingga pedesaan, baik berupa warung maupun menggunakan gerobak dorong. Bisnis di bidang makanan bakso dikenal sebagai usaha yang tidak ada matinya. Karena setiap saat bahkan detik dibutuhkan setiap orang untuk beraktifitas dan menunjang kehidupan. Untuk menjalankan bisnis warung bakso yang laris manis diperlukan beberapa strategi. Seperti berikut :

Strategi berjualan bakso omset besar

Lokasi Tempat Berjualan

Lokasi tempat jualan bakso sendiri ada banyak sekali. Namun Anda harus memperhatikan hal yang satu ini, sebab hanya lokasi yang strategislah yang dapat membuat bakso Anda laris manis dikunjungi pelanggan. Untuk lokasinya, Anda bisa memilih seperti di rumah, di sekolah atau di kampus, di area stasiun atau terminal, sekitar pasar ataupun di dekat pabrik dan kantor.

Rasa yang Enak

Selain lokas, rasa bakso juga dapat mempengaruhi penjualan. Jika bakso yang Anda jual memiliki citarasa tinggi dan dapat menggoyang lidah pastinya para pengunjung akan membeli bakso ke warung Anda lagi. Untuk bisa menghasilkan rasa bakso yang enak dan menggugah selera, Anda bisa melihat resep dan cara pembuatannya di internet atau tanya pada penjual bakso.

Selain itu pastikan Anda tidak terpengaruh dengan naiknya bahan baku. Banyak penjual yang enggan menaikkan harga bakso ketika harga bahan baku baik. Biasanya para pedagang bakso akan mengurangi bumbu rempah-rempah dan bahan pokok yang digunakan. Tentu saja hal ini dapat membuat rasa bakso Anda semakin menurun. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengurangi jumlah porsi bakso atau menaikkan harga bakso.

Jual Varian Bakso

Peluang usaha bakso yang bisa kita coba lainnya adalah menjual aneka bakso. Peluang ini bisa Anda coba jika Anda sudah memiliki tempat usaha seperti restoran bakso sendiri. Anda bisa menjual aneka varian bakso, seperti bakso urat, bakso mercon, bakso jumbo, bakso ikan atau cemilan seperti bakso goreng, bakso bakar dan masih banyak lagi.

Banyaknya varian bakso yang Anda jual pastinya dapat membuat para penggemar bakso jatuh cinta. selain itu, masyarakat umum juga tetap bisa menerima apa yang Anda jajakan mengingat bakso adalah makanan Indonesia yang mendunia.

Lakukan Promosi

Promosi adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Tak hanya saat usaha bakso saja, setiap usaha dan bisnis memerlukan promosi agar dikenal oleh banyak orang. Anda tak harus membagikan selebaran yang menguras uang untuk melakukan promosi. Agar dikenal masyarakat Anda bisa memposting bakso yang Anda jual lengkap dengan harga dan alamat.

Modal usaha kuliner bakso

Modal Pertama

  • meja + kursi @ 3 set Harga Rp. 350.000
  • alat dapur + makan Harga Rp. 300.000
  • Kompor + gas Harga : Rp. 500.000
  • sewa tempat 1 tahun Harga Rp. 2.000.000
  • TOTAL = Rp. 3.150.000

Modal Harian

  • Daging sapi Harga Rp. 50.000
  • Mie Harga Rp. 20.000
  • Bumbu dan sayuran Harga Rp. 20.000
  • Pangsit + telur + tahu Harga Rp. 30.000
  • Saos + Kecap + Sambal Harga Rp. 20.000
  • Bubuk teh + gula Harga Rp. 20.000
  • Gas Harga Rp. 35.000
  • TOTAL = Rp. 195.000

Nah, dari sedikit estimasi di atas dapat disumpulkan perkiraan modal untuk memulai usaha bakso hanya sekitar 3 jutaan. Sekali lagi, ini hanyalah estimasi dan tidak sepenuhnya akurat. Namun bisa menjadi referensi bagi Anda.

Keuntungan usaha kuliner bakso

Baiklah selanjutnya mari kita sedikit menganalisa keuntungan yang diperoleh dari usaha bakso ini. Saya asumsikan harga 1 porsi dengan harga Rp. 8.000 dan Anda bisa menjual 50 porsi/hari (perkiraan sesuai skala hitungan modal). Berikut perhitungan jumlah pemasukkan Anda perbulan.

  • Pemasukkan 1 hari = Rp. 8.000 x 50 = Rp. 400.000
  • Pemasukkan 1 bulan = Rp. 400.000 x 30 = Rp. 12.000.000

Jumlah di atas adalah pemasukkan kotor per bulan karena belum dikurangi jumlah pengeluaran Anda tiap bulan. Berikut perhitungan untung bersih Anda setiap bulan.

  • Pengeluaran 1 bulan = Rp. 195.000 x 30 = Rp. 5.850.000
  • Keuntungan 1 bulan = Rp. 12.000.000 – Rp. 5.850.000 = Rp. 6.150.000

Pencarian terkait:

bakso jumbo kebumen , franchise bakso terbaik