13 Cara Terbaik Mencari Teman Untuk Diajak Berbisnis

Hal yang Harus Diketahui dalam Mencari Partner Berbisnis – Memilih mitra bisnis sama pentingnya seperti memilih pasangan hidup. Jika tidak, maka siap-siaplah Anda akan membayar mahal di kemudian hari. Dalam hubungan bisnis, agar berhasil maka Anda harus mengetahui diri Anda sendiri dan mitra Anda. Tanyakan pada diri Anda apakah mitra bisnis Anda tersebut memiliki 13 kualitas penting yang dicari dalam kemitraan bisnis. Anda mau maju?

13 Cara Terbaik Mencari Teman Untuk Diajak Berbisnis

13 Cara Terbaik Mencari Teman Untuk Diajak Berbisnis

Mencari mitra atau partner bisnis bukan hal mudah. Jika Anda salah memilih mitra, bisnis Anda yang jadi taruhannya. Bisa-bisa bisnis Anda tidak akan bertahan lama.

Banyak kasus, bisnis menjadi berantakan karena cekcok dengan mitra bisnis. Buntut-buntutnya bukan hanya merugikan Anda sebagai pebisnis melainkan juga para klien.

Jika Anda sedang mencari teman bisnis untuk mewujudkan ide dan rencana bisnis, ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan.

Berikut ini 13 strategi untuk bisa mendapatkan rekan bisnis yang tepat.

1. Sumber-Sumber Pendapatan Yang Stabil

Anda menapaki join bisnis, maka uang menjadi faktor penting. Pastikan mereka tahu bagaimana mengelola keuangan mereka sendiri. Ini menjadi indikator yang baik tentang bagaimana kualitas mereka dalam mengatur keuangan di bisnis nantinya. Juga, dengan pendapatan rekan bisnis yang stabil maka kemungkinan Anda tidak akan disusahkan oleh kondisi keuangan mereka. Jika mereka memiliki dukungan keuangan yang baik, maka bolehlah Anda menjadikan mereka sebagai rekanan dalam bisnis.

2. Hubungan/Relasi Yang Baik Dengan Orang-Orang

Sebagai sisi lain dari wajah bisnis Anda, pastikan pasangan bisnis Anda memiliki relasi yang cukup luas. Jika di masa lalu rekan bisnis Anda memiliki banyak relasi apakah itu pengusaha, karyawan atau bahkan orang-orang biasa maka ini menjadi poin penting. Koneksi-koneksi masa lalu dari rekan bisnis Anda bisa berubah menjadi klien baru untuk bisnis Anda yang sedang berkembang.

3. Sebuah Komitmen Jangka Panjang

Dalam semua kemungkinan, usaha baru Anda tidak akan sukses hanya dalam satu malam. Maka Anda membutuhkan seorang rekan yang sabar dan selalu menemani Anda untuk jangka panjang. Indikator terbaik untuk menemukan rekan bisnis seperti ini adalah perilaku bisnisnya di masa lalu. Jika mereka sering “melompat kadal” sejak awal, meninggalkan bisnis begitu saja, meninggalkan rekan bisnisnya lalu mencari usaha atau kerja lain, maka janganlah memilih rekan bisnis seperti ini. Ini akan merugikan Anda di kemudian hari.

4. Kecakapan Komunikasi Dan Ketanggapan Informasi Yang Baik

Hal ini berlaku untuk siapapun yang terlibat dalam bisnis, bahkan karyawan sekalipun. Sebagai mitra, Anda harus selalu up to date terhadap semua hal yang menyangkut bisnis Anda. Pastikan pasangan bisnis Anda adalah orang yang transparan dan mampu berkomunikasi dengan baik bila Anda tidak mau bisnis Anda berjalan di tempat. Ini akan membantu dalam pengembangan bisnis Anda atau bahkan mendapatkan investor.

5. Dapat Menerima Kritik Yang Membangun

Dalam tahap awal bisnis Anda, ide-ide dari Anda mungkin bukanlah ide yang cemerlang. Pilihlah rekan bisnis yang menghargai masukan orang lain (termasuk kritik dari Anda), tidak peduli kritik itu berasal dari siapapun dan tidak menerima kritik yang bersifat pribadi.

6. Etos Kerja Yang Kuat

Hal ini jelas dan penting. Mitra bisnis Anda perlu bekerja keras seperti yang Anda lakukan dan harus bisa mendorong Anda dan bisnis Anda agar berhasil. Jika track record masa lalu rekan bisnis Anda adalah seorang yang malas, tidak antusias, mudah “melompat kadal”, maka jangan memilih rekan bisnis yang seperti ini.

7. Selalu Berimprovisasi

Carilah rekan bisnis yang selalu “lapar” dan tidak pernah puas seperti Anda. Anda dan rekan bisnis Anda harus berusaha untuk terus meningkatkan bisnis Anda melalui ide-ide dan strategi baru. Seorang rekan yang mudah puas atau capaian sesuatu maka itu akan menjadi penyakit menular di bisnis Anda. Jangan tertinggal, selalunya melihat kedepan.

8. Punya visi dan misi yang sama

Pastikan bahwa Anda dan calon rekan bisnis memiliki kesamaan visi dan misi. Jika visi dan misi Anda berdua berbeda akan sulit rasanya menjalankan bisnis bersama-sama. Anda dan partner akan sering berselisih paham. Kalau terus-terusan berselisih paham, bagaimana bisnis bisa jalan dan maju?

Sebaliknya, jika memiliki visi dan misi yang sama maka Anda dan partner akan saling dukung, kompak dan bantu dalam mengembangkan bisnis, sehingga usaha akan cepat maju.

9. Memiliki kemampuan

Anda harus jeli mencari partner yang memiliki kemampuan berbisnis, sehingga kerja Anda akan lebih ringan. Jangan sampai memilih partner bisnis hanya karena teman dekat atau saudara yang tidak memiliki skill, sehingga pekerjaan Anda akan semakin berat.

Yang namanya partner bisnis seharusnya bisa membantu Anda, bukan malah membebani.

10. Paham bisnis yang akan dijalankan

Penting bagi partner untuk memahami bisnis yang akan dijalani. Jangan mencari partner hanya karena modalnya saja, karena nantinya Anda juga yang repot.

Bagaimana jika partner Anda tidak paham dengan bisnis tersebut? Satu-satunya jalan adalah mengajari sang partner dan memulai bisnis dengan perlahan-lahan. Tapi berhubung bisnis erat hubungannya dengan kecepatan dan efisiensi, sebaiknya Anda tidak perlu menghabiskan waktu terlalu dengan partner yang masih newbie.

11. Memiliki kredibilitas

Jangan terburu-buru memilih partner karena Anda sudah sangat berambisi untuk memulai bisnis. Jangan juga asal comot partner yang bermodal besar tapi Anda tak kenal siapa dia. Ada baiknya Anda mempelajari latar belakangnya secara teliti. Pastikan si calon itu memiliki pengalaman bisnis yang baik dan tidak memiliki rekam jejak yang buruk. Misalnya sering meninggalkan partner sebelumnya atau membawa lari uang perusahaan.

12. Ketahui sifat dan sikap

Anda juga wajib memperhatikan dan mempelajari sifat dan sikapnya dalam melakukan pekerjaan. Misalnya apakah dia pemarah? Atau tidak pedulian? Bagaimana caranya menyelesaikan masalah? Apakah dia cocok menjadi teman diskusi dan tidak ngotot?

13. Dapat dipercaya

Jika Anda sudah mempelajari sifat serta sikapnya ketika bekerja, maka langkah berikutnya adalah bertanya pada diri sendiri, sejauh mana Anda mempercayainya? Apakah Anda sudah sangat percaya dengan calon partner? Kalau Anda masih ragu atau curiga, maka lebih baik cari partner baru.

Rasa percaya ini sangat penting dalam menjalankan bisnis. Jangan sampai hubungan Anda berdua diselimuti kecurigaan yang akan menganggu bisnis ke depan.

Satu hal lagi yang tidak saya masukkan ke dalam 13 kualitas diatas tapi merupakan yang terpenting dalam mencari rekanan bisnis adalah dapat dipercaya. Tidak berguna rekan bisnis Anda bila bukan orang yang dapat dipercaya walaupun ia telah memiliki 13 kualitas diatas. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Pencarian terkait:

pin konveksi 2017 , grup wa peluang usaha , apa itu join , pengertian bisnis database , mitra bisnis 2017 , cara sukses bisnis database , contoh promosi database , bisnis cabutan sangat menjanjikan , cara bisnis data , rahasia database , bisnis 2017 booming , ngampas ke warung , cari partner bisnis 2017 , strategi bisnis data base , persyaratan bisnis database suplier , ide bisnis day sd , mainan trend tahun 2018 , mainan yang trend di tahun 2018 , peluang mitra usaha 2017 , makalah ide bisnis makanan , caranya bisnis database bagi pemula , apa tu join , bagaimana cara menjalankan bisnis database , bisnis cabutan , bisnis di jakart , bisnis di jakarta , bisnis di jakarta 2017 , Bisnis mass depan 2018 , cara bikin bisnis databases , cara menjalankan bisnis da , cara menjalankan bisnis data , cara menjalankan bisnis database , cara menjalankan bisnis database sendiri bagi pemula , trik khusus sukses database