12 Ide Bisnis Usaha Ternak Modal Kecil

Ide Bisnis Usaha Ternak – Bisnis di dalam bidang peternakan memang semakin maju dari waktu ke waktu, kenapa kami bilang semakin maju. Bayangkan saja bisnis peternakan di negara kita ini tidak harus mengelurkan banyak modal bahkan buat kalangan yang tidak mampu pun bisa menjalankannya dengan hanya modal kecil, karena di negara kita yaitu Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya.

12 Ide Bisnis Usaha Ternak Modal Kecil

12 Ide Bisnis Usaha Ternak Modal Kecil

Inilah Daftar Peluang Bisnis Dalam Bidang Peternakan, diantaranya sebagai berikut :

  • Bisnis Usaha Ternak Ayam
    Ada dua jenis ayam yang bisa diternakan yaitu ayam potong dan ayam petelur. Berternak ayam potong atau ayam petelur bisa jadi jenis usaha sampingan yang cukup menguntungkan. Bagaimana tidak ayam potong pada umunya sudah bisa dipanen ketika berumur 40-50 hari, sedangkan untuk ayam petelur setiap hari pasti bertelur jika sudah mencapai masa bertelur. Untuk memulai usaha ini memerlukan modal awal yang cukup banyak yaitu untuk menyewa tempat dan membuat kandang. Usahakan untuk membuat kandang jauh dari lingkungan masyarakat karena jika kalian kurang menjaga kebersihan bisa menimbulkan bau. Tetapi ada tips bagaimana mengatasi masalah ini sehingga bisa diternak didekat rumah, rahasianya ada pada kandang. Buatlah kandang diruangan tertutup seperti gudang misalnya, namun siapkan ventilasi khusus untuk pergantian udara. Taruhlah pemanas ruangan dalam ruangan tersebut dan jaga suhunya sekitar 38-42 derajat celsius. Dengan suhu tersebut ayam akan merasa nyaman sehingga bisa tidak menimbulkan bau. Selain itu jaga kebersihan kandang ayam dan kondisikan agar kotoran ayam tidak basah, karena inilah yang membuat kandang ayam bau.

  • Bisnis Usaha Ternak Kambing
    Kambing adalah sejenis hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Selain itu kambing merupakan salah satu jenis hewan yang biasanya dipakai dalam acara-acara hajatan seperti pernikahan, khitanan, aqiqah, qurban dan lain sebagainya. Sehingga kambing merupakan salah satu jenis daging yang sangat dibutuhkan masyarakat. Selain kambing pedaging ada juga kambing etawa, yaitu kambing yang diambil susunya. Susu kambing etawa memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan.

  • Bisnis Usaha Ternak Sapi
    Sapi memang salah satu usaha yang memerlukan ketelitian dan kesabaran khusus dalam menjalankannya. Tidak mudah, dikarenakan ada banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan baik dalam kandang sendiri ataupun impactnya terhadap lingkungan sekitar. Seperti salah satunya adalah kotoran sapi dimana hal ini sangat perlu diperhatikan agar tidak mengganggu aktifitas lain terutama aktifitas para penduduk di sekitar kandang. Lalu bagi kalian para pengusaha sapi agar selalu dibekali dengan pengetahuan lengkap seputar sapi dan bagaimana mengurusnya dengan baik. Karena seperti yang kita ketahui, mengurus sapi memerlukan tenaga ekstra dibandingkan ternak lainnya seperti ternak ayam, kambing, cacing dan lain lainnya.

  • Bisnis Usaha Ternak Burung Hias
    Untuk bisnis berternak burung bisa jadi pilihan usaha sampingan bagi kalian yang suka akan burung. Aneka burung hias yang banyak dicari antara lain ialah kenari, lovebird, cucak rowo, kacer, ciblek, dan masih banyak lagi yang lainnya. Burung tersebut akan melonjak naik harganya apabila memiliki sertifikat menang juara lomba, oleh karenanya jika kalian berternak burung cobalah untuk sering-sering mengikuti event-event perlombaan burung.

  • Bisnis Usaha Ternak Kelinci
    Bagi pecinta hewan, beternak kelinci mampu memberi keuntungan dari dua sisi. Yang pertama sebagai alternatif pemasukan (keuangan), dan yang kedua mengembangkan hobi memelihara hewan. Kedua peluang tersebut tentu saja bisa dijalankan bersamaan dengan keuntungan berlipat. Meskipun dengan modal kecil, pecinta kelinci bisa memulai usaha beternak kelinci skala rumahan dengan modal kecil. Yang paling penting harus dipahami cara budidaya kelinci mencakup langkah-langkah pembuatan dan penempatan kandang, pemilihan indukan, perawatan, pemberian pakan dan sebagainya.

  • Bisnis Usaha Ternak Ikan Lele
    Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sanggup hidup dalam kepadatan tinggi. Ikan ini memiliki tingkat konversi pakan menjadi bobot tubuh yang baik. Dengan sifat seperti ini, budidaya ikan lele akan sangat menguntungkan bila dilakukan secara intensif. Terdapat dua segmen usaha budidaya ikan lele, yaitu segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Segmen pembenihan bertujuan untuk menghasilkan benih ikan lele, sedangkan segmen pembesaran bertujuan untuk menghasilkan ikan lele siap konsumsi.

  • Bisnis Usaha Ternak Belut
    Belut adalah jenis ikan yang rasanya nikmat, dengan rasa khasnya dan banyaknya gizi yang di kandungnya. Belut merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat digemari banyak orang saat ini, dahulu di tahun 60-an masyarakat hanya mengenal belut sawah atau belut liar, sehingga sangat sulit untuk dapat mengkonsumsi belut setiap hari. Saat ini sudah sangat banyak orang yang membudidayakan belut ini sehingga belut dengan mudah dapat dijumpai di pasar. Budidaya belut ternyata tidak sulit, dan tidak membutuhkan lahan yang luas, dengan media tong saja belut sudah dapat dibudidayakan dalam jumlah yang besar. Budidaya belut lebih mudah daripada memelihara ikan, apakah itu sebagai ikan ternak ataupun hanya sekedar ikan peliharaan. Saat ini hanya masalah bibit saja yang menjadi kendala utama dalam budidaya belut, sulitnya mendapatkan bibit ini juga membatasi jumlah peternak belut saat ini. Bibit belut ini dapat diambil langsung di alam atau bisa juga dibeli di pembibitan belut. Namun pembibitan belut secara komersil saat ini sanagt sulit ditemukan, bahkan mungkin belum ada di daerah kalian.

  • Bisnis Usaha Ternak Kroto
    Kroto atau biasa disebut telur kroto umumnya dipakai untuk sebagai pakan burung yang memiliki kandungan banyak gizi yang amat diperlukan untuk menghasilkan burung dengan kwalitas paling baik. Kalian pun tahu bahwasanya usaha yang terkait dengan hewan burung yaitu usaha yang didasari dari hoby, bila hoby jadi landasan utama maka duit tak jadi persoalan. Inilah salah satu aspek mendasar kenapa peluang bisnis budidaya kroto ini sangat cerah untuk kedepannya.

  • Bisnis Usaha Ternak Bebek
    Bebek mudah diternakkan dan dipelihara. Banyak sekali sumber daya yang bisa kalian ambil dari bebek ini, ada telurnya, dagingnya bahkan kotorannya bisa di jadikan pupuk. Penggemar daging dan telur bebek sekarang semakin banyak, karena rasa dari dagingnya yang sangat lezat. Telurnya pun bisa dibikin telur asin yang tak kalah lezat dengan dagingnya. Kebutuhan akan ketersediaan daging dan telur bebek ini sangatlah tinggi, inilah kesempatan buat kalian karena bisnis ini masih sangat potensial untuk dijalankan.

  • Bisnis Usaha Ternak Burung Walet
    Burung Walet merupakan burung pemakan serangga yang bersifat aerial dan suka meluncur. Burung ini berwarna gelap, terbangnya cepat dengan ukuran tubuh sedang atau kecil, dan memiliki sayap berbentuk sabit yang sempit dan runcing, kakinya sangat kecil begitu juga paruhnya dan jenis burung ini tidak pernah hinggap di pohon. Burung walet mempunyai kebiasaan berdiam di gua-gua atau rumah-rumah yang cukup lembab, remang-remang sampai gelap dan menggunakan langit-langit untuk menempelkan sarang sebagai tempat beristirahat dan berbiak. Hasil dari peternakan walet ini adalah sarangnya yang terbuat dari air liurnya (saliva). Sarang walet ini selain mempunyai harga yang tinggi, juga dapat bermanfaat bagi dunia kesehatan. Sarang walet berguna untuk menyembuhkan paru-paru, panas dalam, melancarkan peredaran darah dan penambah tenaga.

  • Bisnis Usaha Ternak Kucing Persia
    Kucing persia memiliki sifat pemalas, karenanya butuh kesabaran dan perawatan yang ekstra. Meski suka bermalas-malasan tapi kucing ini adalah jenis kucing yang lebih pintar dibanding kucing kampung. Warna bulunya dan bentuk mukanya yang artistik membuatnya memiliki nilai jual yang bagus. Cara ternaknya juga tidak susah untuk yang hobby kucing persia.

  • Bisnis Usaha Ternak Lebah Madu
    Sebagian orang tentu takut pada lebah karena dia mampu menyerang siapa saja, dan menyengatnya. Namun tidak jarang orang mengambil risiko terjatuh dari pohon atau disengat lebah hanya untuk mendapat sarang lebah dengan cara memanjat pohon kemudian mereka membakar sarang dengan obor agar lebah pergi meninggalkan sarangnya. Sarang lebah yang telah ditinggalkan oleh lebah dimanfaatkan orang untuk diambil madunya atau diambil sarangnya beserta anak lebah sebagai obat kuat. Lebahnya harganya mahal, madunya juga mahal, untung 2x lipat. Ternak lebah madu harus memperhatikan suhu dilingkungan sekitar. Karena suhu lingkungan sangat mempengarui madu yang dihasilkan oleh lebah.

Demikianlah ulasan tentang 12 Ide Bisnis Usaha Ternak Modal Kecil yang bisa kita sampaikan, mungkin masih banyak lagi hewan atau binatang yang bisa kalian ternakan. Karena di negara kita kaya akan hewan atau binatangnya.